Cara Menjelaskan Masalah COVID-19 Pada Anak?

Senin 9 Maret 2020
Saat ini banyak organisasi dan sekolah berupaya dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan tindakan pencengahan, seperti membatalkan acara, hingga menghentikan kegiatan belajar di sekolah untuk sementara. Sehingga kesadaraan anak-anak terhadap wabah tersebut saat ini sangat diperlukan.
 
Lalu, bagaimana cara menyampaikan masalah Virus Corona ini kepada anak-anak? Simak tips dibawah ini:
 
  • Cari tahu dahulu informasi COVID-19 sebanyak mungkin dari sumber yang terpercaya, seperti WHO dan Kemenkes RI.
 
  • Tanyakan dahulu pada anak tentang apa yang mereka ketahui tentang virus Corona. Luruskan berita miring/tidak benar yang mungkin sempat mereka dengar.
 
  • Tenang dan jujur. Jika anak bertanya jawablah pertanyaan mereka dengan jujur dan tenang juga dengan kata-kata yang mudah dipahami anak.
 
  • Jangan memberikan informasi terlalu banyak pada anak. Pertimbangkan informasi yang akan membuat mereka merasa cemas maupun sebaliknya.
 
  • Pastikan perasaan anak tetap tenang, berikan mereka kata-kata yang positif bahwa semua akan baik-baik saja selama anak menjaga kesehatan dan kebersihan.
  Penyebaran virus Corona bisa dicegah dengan menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun. Jadikan aktivitas mencuci tangan menjadi kebiasaan rutin sehingga anak dan keluarga terhindar dari penyebaran virus dan serangan penyakit lainnya. Stay healthy! 

Bantu Kami untuk Lawan Corona (Covid-19), caranya Klik Disini.
__
Ditulis oleh : Dorpaima Lumban Gaol (Communication Dept)