Cerita Staf : Rahmalia Prima

Kamis 20 Februari 2020
Apa yang lebih menggembirakan selain harapan yang dikabulkan? Senyum mengembang, bahagia bermekaran. Rasanya, setiap langkah direstui alam. Adakah tempat yang lebih baik untuk mengabdi? Yang lebih baik untuk dipercayai? Yang lebih lapang untuk memperhalus akal dan budi?
Child Protection Campaign- Bandar Lampung, 3 Dec 2016
 
Tahun 2016, ketika bergabung dengan keluarga besar YSTC, pertanyaan-pertanyaan itu terjawab. Menjadi bagian dari orang-orang yang bergerak untuk masa depan yang lebih baik adalah kesempatan yang belum tentu dimiliki semua orang.

Setiap kegiatan yang menyertakan keberadaan saya di lapangan adalah momen terbaik yang selalu saya tunggu dan nikmati keberlangsungannya. Di sanalah imbas baik dari berbagai pelatihan, seminar, bahkan obrolan ringan dengan masyarakat telah mendatangkan pemahaman baru. Satu yang paling membekas diantara momen terbaik itu, adalah saat kampanye perlindungan anak yang diadakan di Bandar Lampung bulan Desember lalu. Senang sekali melihat setiap peserta memaparkan perubahan-perubahan positif pasca kedatangan YSTC di wilayah mereka. Beberapa diantaranya telah membentuk komisi untuk menjalankan peran sosialisasi yang lebih dekat dan akrab dengan keseharian masyarakat setempat. Antusiasme mereka tumpah ruah dalam sesi diskusi hingga harus dilanjutkan pada sesi lainnya. Perwakilan lembaga pemerintah yang diundang juga turut menyampaikan rasa terima kasih atas pendampingan yang dilakukan. Ada optimisme yang tumbuh ketika kita berkesempatan merancang terobosan baru yang akan dilakukan bersama teman-teman seperjuangan.

Bukan hanya peserta, interaksi saat itu juga mengajarkan saya tentang sudut pandang lain dari kehidupan. Betapa dalam setiap langkah, lembaga ini telah mendatangkan kesadaran penuh: bahwa anak adalah harta terbaik yang harus dijaga dan dilindungi, dari mana pun asalnya, siapapun orang tuanya. Program yang ada telah dirumuskan untuk memastikan setiap anak berada pada perlindungan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih layak.

Di ruangan tertutup, dari balik meja bagian keuangan, saya selalu menemukan alasan untuk menyelesaikan antrian tugas dalam batas waktu yang berkejaran. Seperti roller coaster, naik-turun maupun cepat-lambatnya menawarkan sensasi yang mendebarkan –dan seluruhnya berakhir dengan kelegaan bahwa saya berkarya bersama orang-orang yang berupaya melindungi masa depan.
Terima kasih, YSTC!