Cerita Staf: Momen Terbaik 2017

Selasa 12 Desember 2017
Tahun 2017 adalah tahun yang sangat mendebarkan bagi kami dalam menjalankan program. Bagaimana tidak, program kami didanai dengan mata uang GBP sehingga efek brexit sangat mempengaruhi stabilitas dana program kami. Walhasil, kami harus menjalani program dengan alokasi dana kegiatan kurang dari 200 juta rupiah untuk satu tahun program.

Kami sempat sangat khawatir saat penyusunan kembali anggaran pada awal tahun. Sekian banyak kegiatan harus kami coret dari workplan karena tidak ada budget yang bisa menutup. Bagaimana cara kami untuk menjalankan program dengan dana sangat minimal? Bagaimana kami harus menyampaikan pencoretan sekian banyak kegiatan yang sudah terinformasikan ke mitra? Bagaimana kami harus memposisikan diri di depan mitra-mitra kerja kami? Bagaimana kami harus mencapai target program sementara dana pendukungnya tidak ada?

Namun beruntung kami memiliki tim dan mitra yang sangat luar biasa. Walau sempat merasa cemas dan patah semangat, namun semua segera menyadari bahwa program harus terus berjalan. Bagaimanapun situasinya, kami masih mempunyai banyak pekerjaan rumah untuk memastikan anak-anak yang kami dampingi mendapatkan situasi terbaik mereka.

Kami mulai memetakan kegiatan-kegiatan mana yang memang harus didukung dengan budget yang ada. Pada saat yang sama, sambil kami informasikan perubahan situasi kami, kami juga memetakan dana-dana yang ada di mitra-mitra kami yang bisa kami manfaatkan dan kami sinergikan dengan target-target program kami.

Beruntung, kami mempunyai relasi dan saling pengertian yang kuat dengan para mitra, sehingga dengan sangat terbuka mereka memberikan rincian anggaran mereka tahun ini dan kemungkinan kegiatan yang bisa kami sinergikan. Pengertian dan dukungan mitra yang sangat besar ini menjadi suntikan energi  dan meyakinkan kami bahwa kami tetap bisa menjalankan kegiatan dengan dana minimal. Situasi ini juga menjadi kesempatan kami untuk membuktikan, apakah selama ini kami diterima oleh mitra karena dana yang kami miliki atau karena apa yang selama ini kami lakukan memang dibutuhkan dan diakui penting oleh mereka.

Kepercayaan mitra kepada kami membuat kami merasa memiliki energi lebih untuk menjalankan kegiatan karena dengan dana minimal kami harus bekerja jauh lebih keras. Sebagian kegiatan yang tadinya dijalankan oleh konsultan dan mitra harus kami lakukan sendiri. Namun kami jadi punya kesempatan untuk membantu mendukung kegiatan mitra mulai dari proses perencanaan kegiatannya sampai memfasilitasi jalannya kegiatan.
Karena terlibat dari awal penyusunan kegiatan, kami jadi mempunyai peluang yang lebih luas untuk memasukkan ide-ide dasar tentang perlindungan dan pengasuhan anak. Intensitas relasi kami dengan mitra menjadi lebih tinggi. Kami juga mempunyai kesempatan untuk lebih fokus memikirkan isian program sambil terus berusaha meningkatkan kemampuan kami untuk bisa menjalankan program.

Selain itu, jejaring kami juga makin meluas dan kinerja serta komitmen kami untuk mendukung terwujudnya sistem perlindungan anak di DIY semakin diakui. Secara target, tahun ini kami mencapai lebih dari 10,000 penerima manfaat program.

Menurut saya, tahun ini komitmen tim kami telah teruji. Semua anggota tim berusaha maksimal agar bisa memberikan peran dan kontribusi dalam mengimplementasikan program. Memiliki tim yang hebat dipadu dengan mitra yang percaya pada integritas kami adalah modal yang paling bermakna. Setahun ini kami sangat yakin bahwa pengakuan mitra terhadap kami bukan karena kami bisa menyediakan uang, tapi karena peran penting yang berhasil kami mainkan!