Cerita Staf : Martinse Constantina

Jumat 17 Februari 2017
Saya bekerja di Sumba Field Office sejak tanggal 11 Juli 2016. Selama enam bulan ini, ada satu tugas yang diberikan oleh Country Office dan Home Office untuk Sumba Field Office yang perlu saya kawal, yaitu memastikan adanya integrasi antara Sponsorship dan START, dua program yang sementara diimplementasikan di Sumba Field Office. Salah satu langkah awal merespon tugas tersebut adalah integrasi kedua program dalam Kampanye Akta Kelahiran, yang puncak kegiatannya berlangsung di Lapangan Manda Elu, Waikabubak – Sumba Barat pada tanggal 9 Desember 2016.
 
Kampanye Akta Kelahiran bertujuan menyuarakan hak anak-anak penganut Merapu di Sumba Barat atas akta kelahiran melalui slogan kegiatan “Tanpa Akta Mereka Tiada”. Enam komunitas adat Merapu di Sumba Barat beserta instansi pemerintah terkait se-kabupaten Sumba Barat dilibatkan dalam kegiatan ini agar bersama-sama mengidentifikasi isu dan mencari solusi untuk memastikan ketersediaan Akta Kelahiran bagi anak-anak penganut Merapu. Sebagai puncak kegiatan, pada tanggal 9 Desember 2016, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat beserta perwakilan instansi pemerintah terkait se-kabupaten Sumba Barat dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik - Save the Children menandatangi sebuah Deklarasi Bersama, yang merupakan wujud komitmen untuk bekerja sama memenuhi hak setiap anak, tanpa terkecuali, di Sumba Barat, untuk mendapatkan Akta Kelahiran.
 
Sebagai respon terhadap tugas yang dititipkan untuk Sumba Field Office, Kampanye Akta Kelahiran telah menyatukan personel START dan Sponsorship dalam perencanaan, persiapan dan implementasi kegiatan. Thomas Henry Adrian Gustafian, Communication Officer Sumba, dan Benyamin Leu, Senior Program Officer Advocacy Sumba, adalah dua penggerak integrasi kegiatan ini, yang didukung sepenuhnya oleh para manajer, koordinator, dan staf kedua program. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil dilakukan sesuai rencana karena dedikasi kerja dari semua personel dari kedua program. Integrasi akan tetap diusahakan di Sumba Field Office.
 
Kiranya kebersamaan dalam bekerja yang tercermin saat kegiatan Kampanye Akta Kelahiran di Tahun 2016 akan tetap tercermin dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya di Sumba Field Office. Bersama kita bisa!
Ekspresi bahagia personel Sumba Field Office setelah selesai kegiatan Kampanye Akta Kelahiran di Lapangan Manda Elu, Waikabubak