Panduan Singkat Koleksi Buku Anak di Rumah

Kamis 2 April 2020
Perkembangan teknologi dan penggunaan gadget saat ini bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebiasaan membaca buku menjadi berkurang. Padahal membaca buku sangat bermanfaat untuk anak dalam meningkatkan kemampuan membaca, menumbuhkan kreativitas, kemampuan imajinasi dan menambah wawasan melalui informasi yang anak dapatkan dari bacaan. Untuk itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam meningkatkan kembali minat baca anak.

5.jpgAnda sebagai orang tua, dapat memanfaatkan masa social distancing ini menjadi salah satu momen untuk meningkatkan minat baca anak. Caranya dengan mengkoleksi buku anak. Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengoleksi buku anak di rumah, kami telah menyusun panduan yang dapat diterapkan setiap orang tua di rumah. Berikut informasinya dibawah ini:
 
  • Sediakan beragam bahan cetak dalam kategori fiksi dan non-fiksi
 
  • Sesuaikan koleksi buku dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan membaca anak, dan sediakan juga buku dengan tingkat kesulitan yang lebih, untuk menyesuaikan dengan kemajuan membaca anak
 
  • Sediakan buku-buku bergambar untuk kegiatan membacakan cerita
 
  • Pilih buku-buku dengan tema menarik yang sesuai dengan minat/kesukaan anak
 
  • Isi buku sebaiknya sensitif gender, mempromosikan kesetaraan antara laki - laki dan perempuan
 
  • Berikan motivasi pada anak untuk menulis dan membuat buku hasil karyanya sendiri
 
  • Dekatkan buku dengan anak, sediakan sudut baca di beberapa tempat yang sering didatangi anak (ruang tamu, kamar, dll)
Selain panduan koleksi buku anak di atas, satu hal lagi yang tidak kalah penting dalam pengembangan minat dan budaya baca adalah menghubungkan kegiatan membaca dan menulis dengan kehidupan anak sehari-hari.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 misalnya, anak-anak perlu mendapatkan informasi tentang apa itu Covid-19, bagaimana penularannya, serta cara-cara untuk menjaga diri agar tidak tertular. Karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk menyediakan bacaan dan media informasi lainnya terkait Covid-19.

Baca juga artikel: Ketahui Jenis-Jenis Bacaan Anak 

Ditulis oleh : Marni Silalahi (Education in Emergency Advisor)
Editor : Dorpaima Lumban Gaol (Communication Dept)