Paket Kebersihan untuk Ibu-Ibu Hamil di Bandung Barat

Rabu 26 Agustus 2020
BANDUNG BARAT – Save the Children telah mendistribusikan paket kebersihan keluarga (family hygiene kits) untuk 600 keluarga terdampak COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat selama pekan ketiga Agustus 2020. Bantuan ini adalah bagian dari aktivitas terbaru Save the Children dalam program Koalisi Perubahan Perilaku Higienis atau Hygiene Behaviour Change Coalition (HBCC).

Bantuan diberikan lewat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Bandung Barat, sembilan Puskesmas terpilih di kabupaten ini, serta pemerintah desa atau Kelompok Kerja (Pokja) di desa-desa terkait. Titik distribusi pertama adalah Puskesmas, sebelum dilanjutkan ke setiap desa dan diantarkan langsung ke setiap keluarga penerima manfaat. Pihak Puskesmas juga bekerja sama dengan promotor kesehatan dan bidan desa untuk melakukan edukasi terhadap beberapa ibu hamil di sana.

Penerima manfaat prioritas adalah ibu hamil dari keluarga kurang mampu, serta keluarga kurang mampu yang sedang mengalami karantina mandiri karena COVID-19. Termasuk di dalam paket ini adalah cairan disinfektan serta panduan membersihkan barang-barang di rumah dengan disinfektan.

Selain paket kebersihan keluarga, Save the Children juga memberikan 20 unit fasilitas cuci tangan pakai sabun untuk sembilan Puskesmas dan 11 Posyandu dampingan di Bandung Barat. Sarana ini diharapkan dapat membantu dan mengingatkan anak-anak untuk selalu ingat kebiasaan baik cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Yayuk Kurniawati, Bidan Koordinator Puskesmas Cimareme, bercerita bahwa distribusi bantuan untuk ibu-ibu hamil pada masa pandemi seperti ini relatif jarang ditemui.

"Selama ini hanya untuk keluarga ya, jadi ibu hamilnya tidak disebut," kata Yayuk.

"Terima kasih sekali bantuannya. Alhamdulillah. Kalau ibu hamil gakin (keluarga miskin), kayaknya mereka enggak kepikiran beli barang seperti cairan disinfektan atau kebutuhan sehari-hari," imbuhnya.

Dewi Murniati, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bandung Barat, mengatakan paket kebersihan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh ibu-ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan anak, terutama pada masa pandemi seperti sekarang.

"Harapannya, alat kebersihan ini menjadi stimulan, memberi contoh untuk keluarga yang lain. Setidaknya mereka jadi tahu, 'Oh ini lo, sarana cuci tangan dan kebersihan rumah tangga yang harus ada pada masa pandemi.' Tidak hanya ibu hamil yang punya risiko ekonomi, tetapi ibu hamil lain diharapkan punya sarana cuci tangan seperti ini," kata Dewi.

Lewat program HBCC, Save the Children turut melakukan serangkaian kegiatan perubahan perilaku higienis dengan melibatkan sinergi bidang pendidikan dan kesehatan melalui sekolah, madrasah, puskesmas, dan masyarakat. Rangkaian kegiatan ini secara khusus dilaksanakan oleh Save the Children di wilayah Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Bandung Barat.

HBCC punya lima fokus tujuan, yaitu peningkatan pengetahuan dan ketrampilan warga untuk mencegah penularan COVID-19, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para mitra pendidikan dan kesehatan, mengurangi stigma terhadap pasien COVID-19, meningkatkan akses terhadap material higienis, serta menyediakan dukungan teknis bagi pelajar dan masyarakat selama masa transisi menuju aktivitas normal.
 
2020-08-26-HBCC-Distribusi-Bandung-Barat_1.jpg
Persiapan distribusi ke sejumlah Puskemas
2020-08-26-HBCC-Distribusi-Bandung-Barat_2.jpg
Persiapan distribusi ke sejumlah Puskemas
2020-08-26-HBCC-Distribusi-Bandung-Barat_3.jpg
Distribusi di Puskesmas Cimareme

--
Artikel ditulis oleh Purba Wirastama
Foto oleh Mirayana - Tim HBCC Save the Children Indonesia