Menyiapkan Sekolah Aman dan Nyaman di Sigi Saat PandemiĀ 

Selasa 20 Oktober 2020

Menyiapkan Sekolah Aman dan Nyaman di Sigi Saat Pandemi 

SIGI – Save the Children mendistribusikan paket bantuan perlengkapan sekolah untuk mendukung anak-anak belajar dengan aman dan nyaman jika mereka kembali ke sekolah pada masa pandemi. Bantuan diberikan kepada 1.000 anak di Sigi selama September 2020 dan menjadi salah satu aktivitas terakhir Save the Children di Sulawesi Tengah untuk program respons bencana alam 2018. 

Paket untuk 1.000 anak masing-masing berisi tas serut, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, buku bacaan, buku tulis, pulpen, pensil, serta panduan cuci tangan dan panduan penggunaan masker. Anak-anak penerima manfaat adalah para murid 15 SD dan SMP atau sederajat dampingan Save the Children di Sigi. 

Proses distribusi dilakukan melalui kerjasama langsung dengan dinas pendidikan dan sekolah. Selain itu, Save the Children juga mendistribusikan bantuan 15 termometer tembak (thermal gun) untuk 15 sekolah yang bersangkutan. 

Sekolah-sekolah tersebut adalah SDN 1 Binangga, SD Inpres 1 Kalukutinggu, SD Inpres 2 Kalukutinggu, SD Inpres Kaleke, SMPN 27 Sigi, SDN Bulupountu Jaya, SD BK Tanapobunti, SMP BK Maranatha, SDN Langaleso, MTs Alkhairaat Soulowe, SMPN 8 Sigi, MI Alkhairaat Bangga, SD BK Winatu, SMPN 6 Sigi, dan SDN Pilimakujawa.
 
2.jpg
Photo: Dok. Save the Children

Meskipun kegiatan tatap muka di sekolah saat ini masih dihentikan karena pandemi, bantuan "paket kembali ke sekolah" atau "back to school kits" ini dimaksudkan sebagai persiapan jika nanti anak-anak di sekolah tertentu sudah bisa kembali melakukan kegiatan tatap muka bersama guru.

Berikutnya, Save the Children juga mendistribusikan alat bantu untuk 46 anak berkebutuhan khusus kepada tujuh sekolah dampingan di Sigi. Ragam bantuan ini meliputi buku-buku cerita untuk anak berkebutuhan khusus, kursi roda, serta kacamata untuk anak berkebutuhan khusus dan dukungan pemeriksaan mata.

Selain berbagai bantuan tersebut di atas, Save the Children juga telah mendistribusikan berbagai furnitur penunjang sekolah dan peralatan pendukung kesiapsiagaan bencana di belasan sekolah dampingan di Palu dan Sigi.

--
Artikel ditulis oleh Purba Wirastama