Mengenalkan Potensi Bencana ke Anak-Anak SDN Banar 02 Bogor

Senin 3 Februari 2020
BOGOR – Hingga pekan kelima setelah bencana banjir dan tanah longsor awal 2020, sebagian penduduk Desa Harkatjaya di Kecamatan Sukajaya masih mengungsi di berbagai tempat. Tak terkecuali anak-anak SDN Banar 02, yang terpaksa diliburkan karena sekolah mereka pun lumpuh sementara.

Tim tanggap bencana Save the Children datang ke Harkatjaya dan memberikan bantuan pada para murid SDN Banar 02. Bantuan meliputi distribusi barang non-makanan seperti school kits dan cleaning kits, bersih-bersih bersama, dukungan psikososial terpadu, serta yang paling utama: pengenalan potensi bencana di lingkungan sekitar.

17ERJKTFL20-29JAN-12-FY.jpg

Pengenalan potensi bencana ini dikemas dalam kegiatan bernama "Transect Walk". Di sini, anak-anak dipandu untuk membuat gambar peta lingkungan sekolah, kemudian jalan-jalan keliling sekolah sembari memetakan risiko bencana yang mungkin terjadi.

"Anak-anak melakukan kegiatan transect walk untuk mengenali lingkungan sekolah mereka yang berubah karena banjir dan longsor, lalu memetakan area yang berbahaya," kata Marni Silalahi, Humanitarian Education Technical Adviser di Save the Children.

17ERJKTFL20-29JAN-10-ER-(1).jpg

17ERJKTFL20-29JAN-13-FY.jpg

Sebanyak 85 murid, atau lebih dari separuh total murid SDN Banar 02, terlibat dan dibagi ke dalam 12 kelompok kecil. Sebelum anak-anak berkeliling, tim Save the Children mengajari mereka cara mengetahui tanda-tanda potensi bencana. Misalnya retakan di tanah, daerah tanah tanpa pohon besar, atau batuan besar di tanah yang lebih tinggi dari sekolah.

17ERJKTFL20-29JAN-18-MS.jpg

Save the Children berharap anak-anak mendapat pengetahuan sedini mungkin tentang apa saja risiko bencana yang mengintai tempat tinggal mereka. Dengan menyadari sejak awal, mereka juga diharapkan bisa memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan supaya terhindar dari bencana alam.

Tim tanggap bencana Save the Children masih akan melanjutkan kegiatan di Desa Harkatjaya, khususnya SDN Banar 02. Salah satu rencana terdekat adalah memasang tanda jalur evakuasi di sekolah bersama guru dan murid.

17ERJKTFL20-29JAN-2-ZM.jpg

–––
Ditulis oleh Purba Wirastama (Dept. Komunikasi)
Foto-foto oleh Fajar Yulianta, Elva Fidela Rachma, Marni Silalahi, dan Zainul Mustofa (Tim Tanggap Bencana)