Ketahui Jenis - Jenis Bacaan Anak

Kamis 2 April 2020
Selama masa social distancing atau pembatasan sosial ini, menghabiskan waktu #DiRumahSaja berpotensi menimbulkan rasa bosan bagi sebagian orang termasuk di antaranya adalah anak-anak. Sejak sekolah di liburkan sementara waktu, selain belajar daring, anak-anak harus memiliki kegiatan yang positif dan juga menarik yang dapat mereka lakukan secara mandiri maupun dengan dampingan orang tua.

IMG_6286.jpg
 


















Hari ini, bertepatan dengan Hari Buku Anak Sedunia yang jatuh pada setiap 2 April, menggiatkan kebiasaan membaca pada anak bisa menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di rumah saat ini. Pemilihan jenis buku bacaan anak juga menjadi salah satu hal penting yang harus di ketahui oleh orang tua, sehingga dapat mendorong minat anak dalam membaca buku. Lalu apa saja jenis-jenis bahan bacaan anak? Simak informasinya dibawah ini:
  • Fiksi
Koleksi bacaan fiksi di rumah bisa mencakup fabel, cerita rakyat, kumpulan puisi.
Buku fiksi akan mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.
 
  • Non-fiksi
Bacaan non-fiksi dapat berupa artikel koran/majalah, biografi, resep masakan, pamflet, brosur dan sebagainya. Buku non-fiksi akan memberikan pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan.
 
  • Bacaan berdasarkan tujuan belajar
Misalnya: decodable books adalah jenis buku yang dibuat untuk mengajarkan tentang huruf, bunyi, dan kata-kata sederhana, yang tepat digunakan oleh anak yang baru belajar membaca (emergent readers).
 
  • Buku berjenjang
Buku yang disusun berdasarkan tingkat kesulitan menurut tahap perkembangan kemampuan membaca anak, yang meliputi pembaca pemula (beginner), mandiri (independent) dan berpengalaman (experienced). Tingkat kesulitan ini dipengaruhi oleh  unsur-unsur yang terdapat dalam bacaan seperti banyaknya kata, susunan kalimat, isi, ilustrasi, serta ukuran dan jenis huruf.
 
Di samping pemilihan jenis buku, biasakanlah membacakan buku pada anak (membaca nyaring/read aloud). Karena ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan menumbuhkan minat membaca anak sejak usia dini. Untuk ini, tersedia jenis buku bergambar (picture books) bahkan dengan ukuran buku yang besar (big books) yang memudahkan guru/orang tua untuk membacakan cerita kepada beberapa anak sekaligus.
 
Baca juga artikel: Panduan Singkat Bagi Orang Tua untuk Koleksi Buku Anak di Rumah

 
Ditulis oleh : Marni Silalahi (Education in Emergency Advisor)
Editor : Dorpaima Lumban Gaol (Communication Dept)