Race For Survival

Menyuarakan harapan, impian dan keinginan anak-anak di seluruh dunia kepada para pemimpin mereka.
 

Race for Survival adalah kampanye terbesar Save The Children yang dilakukan setiap tahun untuk menyuarakan harapan, impian dan keinginan anak-anak di seluruh dunia kepada para pemimpin mereka. Harapannya agar para pemimpin negara mengambil keputusan yang berpihak pada mereka.

Untuk apa kami berlari?
Pada tahun 2000, dunia menyepakati sebuah kerangka pembangunan internasional yang dikenal dengan Millennium Development Goals (MDGs), yang didalamnya termasuk komitmen untuk mengurangi angka kematian anak hingga dua per tiga pada tahun 2015 (MDGs 4). Kerangka Pembangunan Global MDG ini akan berakhir, dan negara-negara di dunia akan menyepakati rencana pembangunan global yang baru yang disebut dengan Sustainable Development Goal (SDG). Anak-anak Indonesia ingin berlari untuk menyerukan suara dan harapan mereka kepada Presiden RI dan para pemimpin negeri lainnya untuk terus berkomitmen tak akan meninggalkan seorang anakpun dalam pembangunan.
 
 “Race for Survival” di Indonesia
Save the Children Indonesia telah menyelenggarakan “Race for Survival” sejak tahun 2011 di berbagai daerah. Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak di daerah untuk berpartisipasi di dalam event global ini dan menyampaikan pesan-pesan mereka kepada para pengambil keputusan.
2011 – Bener Meriah (Aceh)
2012 – Bener Meriah (Aceh), Soppeng (Sulawesi Selatan), Betun (NTT)
2013 – Magelang (Jawa Timur), Belu (NTT), Bandung (Jawa Barat)
2014 – Betun (NTT), Bandung (Jawa Barat)
2015 – Takengon (Aceh), DKI Jakarta
2016 – Sumba 

 
Tujuan
Anak-anak yang berlari di dalam event Race for Survival bertujuan untuk menunjukan kepada dunia bahwa masih banyak anak di berbagai belahan dunia yang harus berjuang untuk bertahan hidup. Tongkat estafet yang dibawa berlari adalah simbol harapan mereka dimana anak-anak saling memberikan tongkat tersebut hingga sampai ke pemimpin mereka. Tujuan Race for Survival adalah memberikan ruang bagi partisipasi anak untuk menyuarakan harapannya langsung kepada pengambil keputusan (Presiden, Menteri, Gubernur, Anggota DPR atau para pemimpin lainnya yang berfungsi sebagai pengambil keputusan)
 
 
Target
Target umum dari Race for Survival adalah memastikan para pengambil keputusan (Presiden/Menteri/Gubernur) menghadiri event ini, memberikan medali dan berdialog, serta mendengarkan permintaan dari anak terkait dengan harapan mereka. Race for Survival juga melibatkan anak-anak di dalam perencanaan, eksekusi dan menindak lanjuti event ini. Keterlibatan media dan selebritis untuk mendukung event Race for Survival pun menjadi bagian yang tidak pernah terlewati di event tahunan terbesar Save the Children ini.
Pesan yang  disampaikan
  • Tema Race for Survival akan berbeda setiap tahunnya, mengikuti isu anak yang sedang terjadi pada saat tersebut
  • Pesan dari anak akan beragam, dikumpulkan melalui Focus Group Discussion dari perwakilan beberapa sekolah untuk mengumpulkan pesan mereka untuk selanjutnya akan diringkas dan akan disampaikan pada Pengambil Keputusan
  • Menguatkan pesan-pesan dari anak dimana mereka mengambil bagian untuk mendorong aksi-aksi yang meningkatkan kualitas kehidupan mereka.
 
 

Baca Juga

Berpihak Pada Anak

Berpihak Pada Anak

Mengacu pada kampanye global, Every Last Child, kami menyelenggarakan Kampanye Nasional "Berpihak Pada Anak"

Baca lebih banyak

Konsultasi Anak

Konsultasi Anak

Children Consultation dilakukan untuk mendapatkan masukan dari anak-anak.

Baca lebih banyak