DON'T LET TREATS, LEAD TO THREATS

Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (Delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjelaskan bahwa anak adalah tunas, potensi dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai potensi menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan. Untuk anak dan remaja perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial dan berakhlak mulia. Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.  

FAKTA
Menurut data KPAI tahun 2011 - 2018, tercatat lebih dari 30.000 kasus kekerasan terhadap anak, dimana hampir 2.000 kasus di antaranya adalah kasus penculikan yang menjurus kepada perdagangan anak untuk pekerja seks komersial dan kekerasan seksual yang meningkat dari tahun ke tahun
 
LANGKAH PENCEGAHAN
Langkah-langkah penting yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penculikan terhadap anak:
•Keharmonisan keluarga
Keharmonisan keluarga sangat penting karena anak akan merasa lebih aman dan nyaman berada di lingkungan keluarga sendiri sehingga anak akan lebih mendengarkan nasihat serta ajaran dari orangtua.
•Edukasi dari orangtua terhadap anaknya
Orangtua harus mengedukasi anak sejak dini tentang semua hal yang dapat membahayakan keselamatan si anak. Berbicaralah kepada mereka secara kasual dan santai namun dari hati ke hati.  
•Jangan berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal
Jangan berinteraksi sembarangan dengan orang yang tidak dikenal, jika memang harus berinteraksi namun tetap dalam pengawasan orangtua atau keluarga dekat.
•Berikan sebuah kata kunci yang hanya diketahui oleh keluarga dekat
Cobalah untuk membuat sebuah kata kunci yang hanya diketahui oleh orangtua, si anak dan keluarga terdekat. Cara ini bi  sa membuat si anak akan menanyakan hal tersebut ketika didekati oleh orang yang tidak dikenal, jika jawabannya tidak sesuai maka si anak akan memberikan sinyal dengan berteriak atau lari.
•Jangan menerima barang, makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal
Beritahu anak agar tidak menerima barang, makanan atau mainan dari orang tidak dikenal karena itu bisa jadi cara paling mudah mendekati dan sangat berbahaya.
•Lingkungan yang sehat dan aman
Selalu mengikuti acara di lingkungan rumah dan mengenal baik pada semua tetangga sehingga jika terjadi sesuatu kita bisa meminta bantuan. Hal yang terpenting adalah membuat lingkungan yang sehat, nyaman dan aman.
•Kesadaran akan informasi
Kesadaran akan informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kekerasan terhadap anak dan tidak ragu untuk meminta bantuan jika terjadi atau melihat sesuatu yang tidak wajar.

Baca Juga

Berpihak Pada Anak

Berpihak Pada Anak

Mengacu pada kampanye global, Every Last Child, kami menyelenggarakan Kampanye Nasional "Berpihak Pada Anak"

Baca lebih banyak

Race For Survival

Race For Survival

Menyuarakan harapan, impian dan keinginan anak-anak di seluruh dunia kepada para pemimpin mereka.
 

Baca lebih banyak