Berpihak Pada Anak

Mengacu pada kampanye global, Every Last Child, kami menyelenggarakan Kampanye Nasional "Berpihak Pada Anak"

Mengacu pada kampanye global, Every Last Child, Save the Children - Yayasan Sayangi Tunas Cilik menyelenggarakan Launching Kampanye Nasional “Berpihak Pada Anak” pada tanggal 17 Mei 2016 di Kementrian Kesehatan.

Dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Ibu Nila Moloek, launching kampanye nasional mengangkat isu kesehatan di Indonesia. Kesenjangan dan diskriminasi dalam akses pelayanan kesehatan terutama bagi anak-anak, ibu melahirkan dan bayi baru lahir dari keluarga termiskin dan yang tinggal di wilayah terpencil harus dihapuskan.

Kampanye Berpihak Pada Anak menyerukan untuk memastikan agar tidak ada diskriminasi dalam penerapan Jaminan Kesehatan Nasional. Subsidi penerima bantuan iuran perlu diberikan kepada anak-anak, ibu hamil, bayi baru lahir dan kelompok yang terpinggirkan agar mereka mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas.

 

Kampanye Global Every Last Child

Every Last Child Campaign adalah kampanye global Save the Children yang diluncurkan pada tanggal 26 April 2016 serentak di semua negara dimana Save the Children beroperasi termasuk Indonesia. Every Last Child campaign bertujuan untuk turut berkontribusi terhadap pengurangan kematian anak dan meningkatkan jumlah anak yang bersekolah di dunia. Targetnya adalah menjangkau 15 juta anak yang saat ini tereksklusi dari layanan kesehatan dan pendidikan yang memadai di seluruh dunia. Dalam laporan Every Last Child, anak-anak yang terekslusi adalah mereka yang tidak mendapatkan benefit berupa kesejahteraan sosial dari kemajuan dunia saat ini, khususnya dalam hal pelayanan dasar berupa kesehatan dan pendidikan yang merupakan bagian dari unsur perlindungan anak. Beberapa contoh kondisi anak-anak yang terekslusi di berbagai belahan dunia saat ini adalah anak-anak yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, rentan terhadap kekerasan, teraniaya karena keyakinan dan identitas yang mereka miliki, tidak terdaftar dalam sisten administrasi suatu negara, terdampak negative dari bencana yang ditimbulkan oleh perubahan iklim, dan masih banyak lagi kondisi lainnya yang menyebabkan anak-anak tersebut tidak dapat merasakan benefit dari kemajuan global yang terjadi saat ini.


Kampanye Nasional “Berpihak Pada Anak”
Dibawah ini adalah kondisi anak Indonesia saat ini:
  • 147.000 Anak meninggal setiap tahun sebelum ulang tahun mereka yang ke-5
  • 37% Anak terhambat pertumbuhannya (stunting) & 20% mengalami kurang berat badan
  • 37% Anak tidak memasuki sekolah sebelum berumur 6 tahun

Sebagian besar anak-anak tersebut tinggal di Indonesia bagian timur dan keluarga miskin dari pemukiman kumuh perkotaan di Pulau Jawa dan Kebanyakan dari keluarga miskin di Indonesia tereksklusi dari pelayanan dasar karena tidak memiliki identitas kependudukan.
Kampanye Berpihak Pada Anak memiliki sasaran di tahun 2030 seluruh anak Indonesia mendapatkan akses yang setara dan berkualitas untuk layanan kesehatan, pendidikan dasar dan perlindungan untuk hidup dan tumbuh kembang. Dalam tujuan strategisnya di tahun 2016 – 2018, kampanye ini bertujuan agar Seluruh anak dari Indonesia bagian timur dan keluarga termiskin mendapatkan akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, nutrisi dan pendidikan.

Baca Juga

Ringkasan Laporan

Ringkasan Laporan

Sekitar 16.000 anak balita akan meninggal pada hari ini.  Terdapat sekitar 250 juta anak-anak usia sekolah dimana dua dari lima anak tersebut mengalami putus sekolah.
 

Baca lebih banyak