YSTC kirimkan bantuan vital ke wilayah gempa dan tsunami di Palu Donggala

Jumat 5 Oktober 2018

5 Oktober 2018 - Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra dari Save the Children telah mengirimkan kebutuhan dasar yang dibutuhkan para pengungsi menggunakan pesawat dan bantuan dari TNI ke bandara Palu. Delapan ratus tempat berlindung sementara dan peralatan kebersihan telah diterbangkan ke Palu dan didistribusikan kepada anak-anak dan keluarga yang sangat membutuhkannya. Pengiriman dan distribusi udara berikutnya direncanakan untuk hari Sabtu 6 Oktober 2018.

Sementara 1.000 unit bantuan untuk tempat tinggal sementara, kebutuhan kebersihan dasar, ruang ramah anak dan fasilitas pendidikan sementara sedang dalam perjalanan melalui jalan darat. Ruang ramah anak adalah area yang dirancang khusus yang akan memungkinkan anak-anak, yang banyak diantaranya telah kehilangan keluarga dan rumah mereka, memiliki tempat yang aman untuk bermain dan tidak bermain di jalanan. Ruang ramah ini juga memungkinkan tim kami untuk mengidentifikasi anak-anak yang mungkin telah terpisah dari keluarga mereka.

"Bantuan seperti inilah yang memang dibutuhkan oleh anak-anak dan keluarga yang terkena dampak bencana ini," kata Zubedy Koteng, Advisor Perlingdungan Anak Yayasan Sayangi Tunas Cilik

“Gempa bumi dan tsunami memotong banyak rute transportasi di daerah terpencil. Kami mengirimkan tiga tim penilai di rute yang berbeda dan menyediakan sebanyak mungkin bantuan persediaan yang dapat dibawa tim kami untuk memastikan organisasi dapat menjangkau masyarakat termasuk anak-anak secepat yang kami bisa, tetapi perjalanan menuju lokasi memang memakan waktu yang cukup lama. Kami lega karena persediaan yang sangat dibutuhkan ini telah tiba dengan pesawat dan mulai didistribusikan.

 

“Mereka sangat membutuhkan tempat berlindung sementara, peralatan kebersihan yang punya peran penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan kontaminasi karena banyak sekali jumlah keluarga yang ada di pusat evakuasi serta persediaan air bersih yang terbatas. Kami juga mengirim perlengkapan sekolah untuk memastikan pendidikan mereka tidak terganggu lagi. 

Lebih dari 46.000 anak sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, menurut data PBB. Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children telah bekerja di Indonesia sejak tahun 1976, dan memiliki sejarah panjang dalam menanggapi bencana kemanusiaan di negara tersebut, termasuk gempa bumi baru-baru ini di Lombok dan tsunami di Aceh 2004.

 

-----
Yayasan Sayangi Tunas Cilik adalah yayasan nasional yang didirikan oleh warga negara Indonesia sebagai mitra dari Save the Children International untuk menjalankan berbagai program yang terkait dengan pemberdayaan hak anak di Indonesia. YSTC disahkan oleh Kementerian Hukum & HAM pada tanggal 21 Mei 2014 dan mulai beroperasi penuh menjalankan berbagai program kerja dan penggalangan dana sejak Mei 2015.  Di tahun 2017, YSTC telah bekerja di 11 provinsi, 40 kabupaten/kota, 316 kecamatan dan 857 desa, dan telah berdampak langsung bagi 147.580 anak dan 82.886 orang dewasa, di seluruh Indonesia. Kunjungi laman situs kami di www.stc.or.id  untuk info lebih lanjut.
Contact Person:
Fandi Yusuf (Communication Coordinator) : +62 8118193976
Tomy Rado Prawiro Sinaga (Digital Content Coordinator) +62 8118582978