SERAH TERIMA 7 BANGUNAN KELAS MTSN 3 KOTA PALU

Selasa 6 Agustus 2019
Memasuki hampir 1 tahun paska bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala, Save the Children terus melakukan upaya pemenuhan hak – hak anak di situasi darurat. Melalui strategi program Pendidikan dalam situasi darurat, Save the Children telah membangun 108 ruang kelas sementara semi – permanent di Palu, Sigi dan Donggala.
 
Hari ini, 6 Agustus 2019. Save the Children kembali melakukan serah terima 7 (tujuh) bangunan ruang kelas yang telah dibangun di MTS N 3 Kota Palu. Serah terima ini dilakukan antara pihak Save the Children kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.
 
EDU-2-(1).JPG 
“Kami terus berupaya untuk memastikan hak – hak anak terpenuhi, termasuk hak pendidikannya. Karena anak – anak berhak mendapatkan Pendidikan yang berkualitas apapun kondisinya.” Jelas Rosianto Hamid / Response Team Leader – Save the Children.
 
Tujuan utama program pendidikan Save the Children di Sulawesi Tengah adalah memastikan Anak - Anak memperoleh akses kesempatan belajar yang aman, terlindungi, inklusif, sesuai tumbuh kembangnya di lingkungan sekitar anak.
 
Beberapa Strategi telah dilakukan diantaranya adalah :
 
  • Menyediakan Akses dengan membangun Ruang Belajar Sementara dan memberikan paket sekolah (seperti tas, buku, dan peralatan belajar-mengajar lainnya) untuk lebih dari 7000 siswa.
  • Meningkatkan kapasitas Warga Sekolah (Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah) tentang Pendidikan dalam situasi darurat
  • Meningkatkan kapasitas pemangku kebijakan terkait upaya pengurangan risiko bencana berbasis sekolah
  • Mendukung pemerintah dalam pengembangan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang mencakup tiga pilar utamanya: fasilitas sekolah yang aman; manajemen bencana di sekolah; Pendidikan pengurangan resiko bencana disekolah
 
“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sangat berterima kasih dan mengapresiasi komitmen besar Save the Children untuk membantu anak – anak serta keluarga di Sulawesi Tengah. Kami berharap dengan adanya Save the Children disini, maka hak Pendidikan anak terus terpenuhi.” Tutur Moh. Hidayat Lamakarate / Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah
 
Sambungnya menegaskan “Pendidikan merupakan salah satu hak anak yang harus dipenuhi apapun situasinya, termasuk situasi darurat. Dan pendidikan menjadi kunci dari masa depan anak – anak Indonesia.”
 
Peresmian-TLS-MTS-n-3-Kota-Palu.JPG