Save the Children Ajak Anak Muda di Jakarta Terlibat Dalam Aksi Nyata Keselamatan di Jalan

Senin 18 November 2019
 
Save the Children di Indonesia melalui program SELAMAT (Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas) dengan dukungan penuh dari Sompo Japan Insurance Inc. menyelenggarakan kampanye publik untuk mengenang para korban kecelakaan lalu lintas. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi dalam acara yang diselenggarakan setiap tahun di seluruh dunia yaitu The World Day of Remembrance for Road Traffic Victims (WDR).
Dalam kampanye ini, Program SELAMAT menceritakan tentang angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak masih sering terjadi. Hal ini ditunjukan melalui video kesaksian orang tua murid yang anaknya pernah menjadi korban kecelakaan lalu lintas.
WhatsApp-Image-2019-11-18-at-1-11-20-PM.jpeg
Para peserta menyalakan lilin sebagai simbol solidaritas dan berdoa bagi para korban kecelakaan lalu lintas. Program SELAMAT pun membuka kesempatan bagi orang muda di Jakarta untuk dapat terlibat langsung dalam menjalankan program keselamatan berlalu lintas di sekolah-sekolah sebagai relawan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak dan orang tua agar kecelakaan yang dapat dicegah pada saat berlalu lintas tidak terulang kembali.
Laporan status global World Health Organization (WHO) tentang keselamatan berlalu lintas tahun 2018 menyoroti jumlah kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan meninggal dunia setiap tahunnya mencapai angka 1,35 juta korban. Kecelakaan lalu lintas menjadi PENYEBAB UTAMA kematian anak–anak dan kaum muda usia 5 – 29 tahun. Angka ini belum termasuk korban meninggal karena polusi udara yang diperkirakan menyentuh angka 4,2 juta orang setiap tahunnya.
Save the Children melalui Program SELAMAT telah bekerja dan mendampingi 50 sekolah sejak tahun 2014 di wilayah Bandung dan Jakarta yang disinyalir memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Kolaborasi dengan berbagai institusi pemerintah yang berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas pun telah dibangun. Berbagai kampanye telah dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat khususnya anak muda di Jakarta dapat ditingkatkan agar angka kecelakaan di jalan raya dapat berkurang. Salah satunya melalui aksi teatrikal untuk mengungkapkan bagaimana kecelakaan lalu lintas merupakan hal yang biasa terjadi pada saat ini.
 WhatsApp-Image-2019-11-18-at-1-11-16-PM.jpeg
“Save the Children menginisiasi kampanye ini tidak hanya untuk mengenang korban kecelakaan lalu lintas, tetapi mengajak masyarakat dan orang muda di Jakarta untuk berpartisipasi aktif dalam aksi untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan,” jelas Evie Woro Yulianti, Greater Jakarta Field Manager Save the Children.
Program SELAMAT berkoordinasi dengan berbagai instansi dalam berbagai kegiatan meningkatkan kesadaran masyarakat. seperti Ditlantas POLDA Metro Jaya. Dalam kesempatan ini, KASI DIKMAS Lantas, Kompol Joko memberikan arahan dan penjelasan mengenai keterlibatan anak didalam kecelakaan lalu lintas yang seringkali terjadi.
Kampanye The World Day of Remembrance for Road Traffic Victims diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia setiap minggu ke-tiga bulan November untuk mengenang jutaan orang yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas, dan juga keluarga, teman dan siapapun yang terdampak dalam kejadian tersebut. Aksi ini juga bertujuan untuk mengungkapkan rasa terima kasih bagi setiap pihak yang telah membantu menyelamatkan para korban kecelakaan lalu lintas sekaligus memetik pelajaran agar kejadian serupa tidak terjadi kembali di kemudian hari.