Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Sekolah Resmi Dicanangkan di Jakarta

Jumat 19 Oktober 2018
Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children (YSTC) secara resmi mencanangkan Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Sekolah di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2018 yang didukung penuh oleh Sompo Japan Nippon Koa.

Kegiatan yang dilakukan bersamaan dengan agenda Pertemuan Mitra YSTC ke IX di DKI Jakarta ini dihadiri lebih dari 300 orang dari berbagai lapisan masyarakat yang terdiri institusi pemerintah, perwakilan penerima manfaat program YSTC di Jakarta, komunitas anak dan orang muda, dan organisasi masyarakat sipil.
Kegiatan yang dibuka oleh Ketua YSTC, Ibu Selina Patta Sumbung ini mendapatkan sambutan dari Ibu Fery Farhati Ganis, Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta dan Ibu Dyah Kusdewi, Sekertaris Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta.

Pembukaan pencanangan program dimulai dengan melakukan simulasi menyebrang jalan yang aman di Zona Selamat Sekolah yang dibantu oleh perwakilan Kementrian Perhubungan dan anggota Polres Jakarta Utara dan Polres Jakarta Timur, dimana Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Sekolah akan dijalankan.
 
Simulasi menyebrang jalan yang aman dipandu oleh anggota Kepolisian dan Kementrian Perhubungan

Secara simbolis, program ini diresmikan dengan penyerahan helm dari YSTC dan Sompo Japan Nippon Koa kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya dilanjutkan dengan memakaikan helm kepada perwakilan anak sebagai simbol Program Keselamatan Berbasis Sekolah telah dimulai. YSTC juga membuka booth yang menyediakan informasi tentang desain program yang akan dijalankan selama 4 tahun di Jakarta.
Simbolis pencanangan Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Sekolah oleh Ibu Fery Farhati dan Kompol Enny Setyowati dari Ditlantas Polda Metro Jaya
 
Kunjungan ke booth Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Jakarta
 
YSTC juga menghadirkan perwakilan guru dari Kota Bandung dimana Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Sekolah pernah diimplementasikan di tahun 2014 hingga pertengahan tahun 2018. Perwakilan guru dari Bandung ini menceritakan praktik baik dan dampak yang dihasilkan di sekolah mereka.

Berbagai inovasi yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah-sekolah dampingan di Kota Bandung setelah mendapatkan implementasi program menarik banyak perhatian dari perwakilan guru-guru sekolah yang hadir di acara pencanangan program ini. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi guru-guru sekolah di Jakarta untuk lebih mengedepankan kepentingan keselamatan siswanya di lingkungan sekolah, terutama yang berkaitan dengan resiko berlalu lintas.
 
 Perwakilan Guru dari Bandung berbagi praktik baik keselamatan berlalu lintas yang dilakukan di sekolahnya
 

Berkaca dari program yang telah sukses diimplementasikan di Kota Bandung, YSTC akan menghadirkan berbagai inovasi program dan kampanye keselamatan berlalu lintas berbasis sekolah berdasarkan hasil penelitian baseline study yang sedang dijalankan di wilayah intervensi program.  

Di dalam menjalankan program, YSTC akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Kementrian Perhubungan untuk mensinergikan kegiatan-kegiatan yang telah dimiliki oleh setiap instansi. YSTC juga akan bekerjasama dengan komunitas orang muda dan forum anak untuk menciptakan kampanye yang sesuai dengan tren di Jakarta.

 
 
Perwakilan anak bersama para pemangku kepentingan yang mendukung Program Keselamatan Berlalu Lintas Berbasis Sekolah di Jakarta