Pentingnya Keterlibatan Ayah Bermain dengan Anak-Anak

Sabtu 10 November 2018

IKEA meluncurkan kampanye Ayo Bermain!, sebuah inisiatif dari IKEA Foundation, yang mengutamakan pentingnya bermain bagi tumbuh kembang anak-anak secara kognitif, dalam gerakan motoriknya, maupun dalam melatih kepemimpinan sejak dini.

Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia, mengatakan, “IKEA Indonesia senang dapat melaksanakan kampanye Ayo Bermain! dimana kami mendorong pentingnya bermain sebagai hak anak-anak. Hal ini tak lepas dari posisi IKEA yang senantiasa menempatkan anak-anak sebagai orang-orang terpenting di dunia.  Dengan bermain, anak-anak dapat mengembangkan minat, bakat dan kebersamaan yang baik sejak dini.”

Kampanye Ayo Bermain! mengedepankan pentingnya bermain untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik.  Bermain bersama anak merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan bersosialisasi dan mengendalikan diri. “Kami di IKEA juga mendorong orang tua untuk berinteraksi dengan anak, sehingga membantu mereka mengembangkan berbagai cara dan keterampilan untuk membangun masa depan yang lebih cerah,” imbuh Eliza Fazia.
 

IKEA-6.jpeg

Pada acara diskusi Kampanye IKEA Ayo Bermain!  Tata Sudrajat, Direktur Advocacy and Campaign Yayasan Sayangi Tunas CIlik mitra Save the Children mengungkapkan “Sangatlah penting bagi orang tua, khususnya Ayah, untuk melibatkan diri dalam bermain dengan anaknya, sebab keterlibatan Ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif dan kemampuan mengendalikan emosi secara lebih baik.” 

Sejak tahun 2012, IKEA Foundation telah bekerja sama dengan YSTC dalam mewujudkan program pemenuhan hak-hak anak khususnya anak dengan disabilitas. Proses bermain bersama dapat mengembangkan rasa percaya diri dan toleransi yang tinggi bagi anak. Dari tahun 2015-2018, 2101 anak dengan disabilitas dapat menunjukan perkembangan secara positif dalam pengembangan kognitif, sosial maupun emosional.

“Pencapaian tersebut juga dapat terjadi dikarenakan keterlibatan laki-laki dalam pengasuhan. Anak-anak tumbuh dan bermain bersama seorang Ayah cenderung kuat dalam area non-verbal dan memiliki nalar spasial yang lebih baik, Hal ini karena seorang Ayah lebih banyak berinteraksi dalam kegiatan fisik dan beraktifitas di luar seperti bersepeda bersama, serta bermain dengan permainan yang melibatkan obyek seperti balok-balok mainan” ungkap Tata

IKEA-5.jpeg

Kampanye IKEA Ayo Bermain! mengedepankan bagaimana orang tua dapat lebih melibatkan diri dalam bermain dan memiliki quality time bersama anak-anak. Hal dapat memaksimakan proses tumbuh kembang anak-anak yang terbaik.  Kampanye IKEA Ayo Bermain! dilaksanakan pada tanggal 1 November – 15 Desember 2018, dimana pada masa tersebut setiap pembelian soft toys IKEA –dan bukan perabot anak-anak IKEA, IKEA Indonesia akan menyumbangkan 1 Euro kepada Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children.