Pembentukan Kelompok Kerja Program SELAMAT di Jakarta Utara dan Jakarta Timur

Kamis 25 Juli 2019
JT-20190716_113807.jpg
Kelompok Kerja Program SELAMAT Jakarta Timur
 
Permasalahan lalu lintas masih menjadi isu yang belum sepenuhnya terselesaikan di Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, pada tahun 2018 hingga awal 2019 terdapat 657 orang meninggal dunia akibat kecelakaan kendaraan bermotor dimana 24,43 persennya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.
Save the Children melalui Program SELAMAT (Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas) menyadari bahwa meningkatkan kesadaran dan kemanan berlalu lintas di lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor penting dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan yang melibatkan anak.

Untuk mewujudkan kesadaran berlalu lintas sejak dini sekaligus menciptakan lingkungan sekolah yang aman, Program SELAMAT sejak awal telah menggandeng beberapa institusi terkait seperti Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Kementrian/Dinas Perhubungan.
JT-IMG20190716105812.jpegJT-IMG20190716104404.jpeg
Perwakilan dari Kementrian Perhubungan dan Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan arahan pada Kelompok Kerja Program SELAMAT

Setelah satu tahun berjalan, Program SELAMAT menginisiasikan terbentuknya Kelompok Kerja yang fokus membahas isu lalu lintas di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi yang erat. Setelah melalui berbagai rapat koordinasi dan rangkaian aktivitas sejak akhir tahun 2018, Kelompok Kerja Program SELAMAT telah terbentuk di kota Jakarta Timur pada tanggal 16 Juli 2019 dan Jakarta Utara pada tanggal 18 Juli 2019 yang terdiri dari institusi Suku Dinas Pendidikan, Suku Dinas Perhubungan, Ditlantas Polda Metro Jaya, Kementrian Perhubungan serta perwakilan dari sekolah dampingan.
 
JU-IMG_2430.JPG
Kegiatan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Program SELAMAT Jakarta Utara
 

Kelompok Kerja Program SELAMAT di dua Kota Administrasi ini telah menyepakati agenda bersama antara lain Joint Monitoring kegiatan Program SELAMAT di seluruh sekolah dampingan, membahas rencana penyusunan SOP Keselamatan Berlalu Lintas tingkat sekolah, mengkaji Rencana Infrastruktur lalu lintas di sekolah, penyusunan Rute Aman Selamat Sekolah dan lain sebagainya. Selain membahas rencana strategis, setiap institusi pun telah berkomitmen untuk mendukung program pelatihan dan pembinaan keselamatan lalu lintas di sekolah untuk siswa-siswi dan orang tua murid dari sekolah dampingan.
JU-IMG_2459.JPG
Kelompok Kerja Program SELAMAT Jakarta Utara
 

Kelompok Kerja ini akan rutin mengadakan pertemuan sebanyak dua kali dalam setahun untuk berdiskusi dan mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan bersama. Pertemuan ini juga sebagai forum untuk berbagi agenda kegiatan dari setiap instansi agar dapat bersinergi dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan selamat dalam berlalu lintas.