Gaungkan Keberhasilan Menyusui, 100 Pasangan Lakukan Senam Ibu Hamil Di Sulawesi Tengah

Selasa 6 Agustus 2019
Palu, 4 Agustus 2019.  Memperingati Pekan ASI Sedunia tahun 2019, Save the Children bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, PD IBI Sulawesi Tengah dan Wahana Visi Indonesia menyelenggarakan Senam Ibu Hamil  diikuti oleh 100 pasangan Suami Istri yang dilaksanakan di Lapangan Pogombo – Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.
H-N-1-(1).JPG
 
Senam Ibu Hamil merupakan kegiatan pembuka dalam rangkaian perayaan pekan ASI sedunia tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Tengah. Rangkaian kegiatan lainnya adalah Lokakarya dengan Jurnalis, Radio talkshow serta Lokakarya dengan para pemangku kebijakan di Sulawesi Tengah. Seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh pihak terutama para orangtua dan keluarga untuk dapat mendukung Ibu berhasil menyusui, tujuan ini selaras dengan tema Pekan ASI Sedunia yaitu Empower Parents, Enable Breastfeeding. Sementara itu, Di Indonesia Pekan ASI Sedunia tahun 2019 mengangkat tema Ayah dan Ibu, Kunci Keberhasilan Menyusui.
 
  • bersama antara Ayah, Keluarga, Tenaga Kesehatan dan Ibu serta Keberpihakan stakeholder terkait untuk memastikan bahwa setiap Anak telah memperoleh Hak-Hak dasarnya untuk Hidup, Sehat, Tumbuh Kembang, dan Terlindungi Sejak Awal Kehidupannya”.  Jelas Dino Satria / Direktur Program dan Operasional Save the Children di Sulawesi Tengah.
 
Data Riskesdas 2018 menunjukan bahwa proporsi Inisiasi Menyusui Dini (IMD) pada bayi dan anak usia 0-23 bulan di Sulawesi Tengah sekitar 60% dan ASI Eksklusif pada bayi umur 0-5 bulan sekitar 48%. Data Ini menunjukkan bahwa masih perlu adanya upaya efektif dan kreatif untuk melindungi, mempromosikan dan mendukung praktik menyusui di Sulawesi Tengah termasuk Kota Palu.
H-N-5.JPG
 
“Menyusui merupakan salah satu investasi terbaik untuk menyelamatkan kehidupan dan juga meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial dan ekonomi baik bagi individu maupun bagi Negara. Saya sangat mengapresiasi gerakan ini”. Tutur Moh. Hidayat Lamakarate / Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah
 
Sambungnya menambahkan “Gerakan kampanye yang sangat kreatif dan inovatif seperti ini perlu digaungkan, agar semakin banyak keluarga dan pihak – pihak yang lebih sadar sehingga menjadi berdaya untuk terus mendukung Ibu menyusui.”

Rangkaian kegiatan senam ibu hamil ini, juga dimeriahkan dengan Talk show tentang peran ayah dalam mendukung ibu menyusui. Moh. Hidayat Lamakarate selaku Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah akan berbagi pengalaman tentang peran yang ia lakukan sebagai seorang ayah untuk terus memastikan anak dan sang ibu sehat mulai dari proses pra kehamilan sampai dengan paska persalinan.
 
Hasil penelitian menyatakan bahwa praktek pemberian ASI Eksklusif dan meneruskan menyusui hingga satu tahun dapat menurunkan hingga  13% angka kematian balita di seluruh dunia. Angka kematian balita ini masih dapat diturunkan dengan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang tepat dan adekuat hingga 6%. (Lancet, 2003) 
 
Pada penyakit penyebab utama kematian balita seperti pneumonia, diare, campak dan bahkan komplikasi neonatal;  malnutrisi merupakan underlying cause pada 54% kematian balita. Malnutrisi khususnya stunting dapat dimulai segera setelah bayi lahir dan bertahan hingga tahun ketiga kehidupan bila anak tidak mendapatkan kecukupan gizi akibat praktek pemberian makan yang tidak tepat.
H-N-4.JPG