Diskusi Publik “Leadership on Road Safety” untuk Global Road Safety Week 2019

Selasa 14 Mei 2019
GRSW1.JPG

Program SELAMAT (Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas) menyelenggarakan diskusi publik dengan tema “Leadership on Road Safety” sebagai bentuk partisipasi dalam event Global Road safety Week 2019 yang dilaksanakan di pekan yang sama di berbagai negara. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 11 Mei 2019 di salah satu restoran Jakarta Timur.

Tema ini dipilih secara global bertujuan untuk meminta para pemimpin agar mampu memberikan visi dan ambisi untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Tema ini meyakini bahwa kepemimpinan yang lebih kuat diperlukan untuk memajukan keselamatan berlalu lintas di seluruh dunia. Hal ini juga merupakan kunci untuk mencapai target keselamatan berlalu lintas, termasuk pada Tujuan Pembangunan Global (SDG’s) target 3.6 untuk mengurangi kematian dan cedera saat berlalu lintas hingga 50% pada tahun 2030 dan SDG’s target 11.2 untuk menyediakan akses ke sistem transportasi yang aman, terjangkau, mudah diakses dan berkelanjutan untuk semua pada tahun 2030.
GRSW2.jpg
Diskusi Publik kali ini menghadirkan para pemimpin yang dapat berkontribusi pada keselamatan berlalu lintas di antaranya adalah Kepala Seksi Promosi dan Kemitraan Kementerian Perhubungan, Kepala Pendidikan Masyarakat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Timur dan Ketua Umum Road Safety Association Indonesia. Sekitar 80 orang muda dari berbagai universitas, pemerintah, media dan komunitas penggiat kesematan berlalu lintas juga hadir menjadi peserta dalam diskusi publik ini.

Beberapa perwakilan orang muda yang hadir merupakan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institute Pertanian Bogor (IPB), STIE Bumi Putera, Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Islam Negeri (UIN). Beberapa peserta yang berasal dari organisasi masyarakat dan komunitas yang hadir mewakili Relawan Palang Merah Indonesia, Volunteer NFDMC, Bike to Work, Road Safety Association Indonesia, Abang-None Jakarta, Indonesia Road Safety Partnership dan First Aid for Indonesia.
GRSW3-(1).jpeg

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi komunitas dan orang muda untuk dapat bertukar pikiran dengan para pemimpin dan pembuat kebijakan terkait keselamatan berlalu lintas di DKI Jakarta. Di akhir acara, para peserta memanfaatkan waktu berbuka puasa bersama untuk berjejaring antara komunitas dan orang muda.

Melalui wadah dan jaringan baru ini, Program SELAMAT akan berkolaborasi dalam melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas di Jakarta. Kontribusi komunitas dan orang muda diharapkan dapat membentuk suatu lingkungan yang sadar akan keselamatan berlalu lintas, sejalan dengna program yang sedang diimplementasikan di 20 sekolah dampingan Program SELAMAT.
GRSW4.JPG

GRSW5.JPG