Cerdas Mengelola Keuangan: Menabung untuk Masa Depan

Jumat 5 April 2019
Sejak tahun 2015, Save the Children memberikan edukasi kepada anak-anak muda usia 15-18 tahun untuk mendukung kesiapan kerja. Program kesiapan kerja diberikan melalui pelatihan soft skills, bimbingan karir, literasi keuangan dan kewirausahaan. “Ketika anak-anak muda mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang cukup, mereka dapat memutus rantai kemiskinan sehingga mereka dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi diri mereka dan anak-anak mereka” ujar Didiek Eko Yuana, Central Area Senior Manager Save the Children.
 
Pelatihan literasi keuangan diimplementasikan oleh Save the Children sejalan dengan target Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu pada tahun 2019, 75% dari total penduduk Indonesia melek literasi keuangan. Selain itu, dalam Rancangan Penjelasan atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dijelaskan bahwa dengan memiliki pemahaman yang baik serta kesadaran meningkatkan akan literasi keuangan masyarakat dapat memilih serta memanfaatkan produk dan/atau layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka dalam rangka meningkatkan kesejahterahan. Didiek menambahkan “Sangat penting bagi anak-anak muda untuk cerdas akan keuangan, sehingga mereka dapat menabung untuk masa depannya yang lebih sejahtera sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing-masing”.

Pelatihan literasi keuangan oleh Save the Children memberikan pemahaman untuk mengelola keuangan, yaitu mengenal keinginan dan kebutuhan, serta produk maupun lembaga keuangan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat menabung anak. Sabrina (18) mengungkapkan “Setelah mendapatkan pelatihan literasi keuangan, saya memahami bahwa ada perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Serta bagaimana kita memprioritaskan kebutuhan atau keinginan kita, sehingga kita dapat mencapai mimpi-mimpi kita.”
 
Materi literasi keuangan merupakan materi yang dikembangkan oleh Save the Children dengan dukungan dari Accenture melalui program Skills to Succeed. Untuk itu, karyawan Accenture memberikan dukungan langsung sebagai relawan untuk memberikan sesi berbagi inspirasi dan edukasi literasi keuangan.Memberikan edukasi mengenai literasi keuangan adalah tanggung jawab kita semua. Kedatangan 70 orang karyawan Accenture hari ini merupakan upaya berbagi dari para profesional di dunia kerja, mengapa cerdas keuangan penting untuk dibangun sejak dini” ungkap Leonard Nugroho T, Managing Director, Corporate Citizenship Sponsor, Accenture di Indonesia saat ditemui di SMKN 2 Bekasi. Leonard juga mengungkapkan “Sesi berbagi dan inspirasi dari karyawan Accenture hari ini diadakan untuk memperkuat edukasi keuangan yang telah diterapkan oleh Save the Children. Jika biasanya pelatihan yang diterapkan berupa metode belajar interaktif, hari ini anak-anak mendapatkan transfer ilmu secara langsung”.
 
Sementara itu Agus Setiawan, S.Pd., M.Si, Kepala SMKN 2 Bekasi menjelaskan “Saya sangat senang dengan kegiatan sesi berbagi inspirasi kepada 425 siswa-siswi kami mengenai pentingnya literasi keuangan. Semoga anak-anak terinspirasi untuk menabung agar bisa merencanakan masa depannya lebih baik.” Pelatihan literasi keuangan yang dikembangkan oleh Save the Children telah memberikan manfaat kepada 3600 anak muda baik mereka yang berada di Sekolah Menengah Kejuran (SMK) maupun mereka yang berada di luar sekolah di Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur. “Kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai literasi keuangan merupakan kesempatan bagi anak-anak muda untuk keluar dari lingkaran kemiskinan” tutup Didiek Eko Yuana.




Tentang Save the Children dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik
Yayasan Sayangi Tunas Cilik merupakan bagian dari gerakan global Save the Children International, sebuah organisasi non-pemerintah yang fokus pada anak-anak dan beroperasi di lebih dari 120 negara di dunia. Di Indonesia dan di seluruh dunia, kami memastikan kesehatan anak-anak sejak dini, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan terhadap bahaya. Kami melakukan apa pun untuk anak-anak, setiap hari dan di saat krisis, untuk mengubah hidup mereka dan masa depan.
 
Di Indonesia, kami telah bekerja sejak tahun 1976. Sepanjang tahun 2018, kami bekerja di 12 provinsi dan 46 kabupaten/kota. Wilayah kerja kami meliputi Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Program-program kami telah berhasil menjangkau 292.845 anak dan 197.335 orang dewasa secara lansung, dan secara tidak langsung telah menjangkau 13.442.490 anak dan orang dewasa.
 
Tentang Program Skills to Succeed
Skills to Succeed (S2S) adalah program yang dikembangkan oleh Accenture dan di implementasikan oleh mitra kerja, salah satunya adalah Save the Children di Indonesia. Program ini ditujukan bagi anak muda usia 16 – 24 tahun di sekolah dan di luar sekolah . Untuk memberikan dampak yang lebih luas, program Skills to Succeed bekerja sama dengan pemerintah terutama dinas pendidikan dan forum guru, mitra LSM, sektor swasta, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan organisasi berbasis komunitas atau tokoh masyarakat di sekitar tempat tinggal kaum muda. Tujuan dari Skills to Succeed  yaitu memberdayakan kaum muda untuk memperoleh keterampilan dan kompetensi untuk mengejar aspirasi pekerjaan dan mendorong pendekatan berbasis masyarakat. Dalam mencapai tujuan tersebut, program S2S mempunyai empat topik pelatihan/pendidikan yaitu, Kesiapan Kerja, Literasi Keuangan, Bimbingan Karir, dan Kewirausahaan. Pada tahun 2020, program ini akan menjangkau 64.000 anak muda.
 
Tentang Accenture
Accenture adalah perusahaan layanan profesional global terkemuka, yang menyediakan berbagai layanan dan solusi strategi, konsultasi, digital, teknologi dan operasi bisnis. Dengan menggabungkan pengalaman dan keterampilan khusus di lebih dari 40 industri dan semua fungsi bisnis – yang didukung oleh jaringan penyampaian terbesar di dunia – Accenture bekerja di titik pertemuan bisnis dan teknologi untuk membantu para klien meningkatkan kinerja mereka dan menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan. Dengan lebih dari 477.000 personil yang melayani klien-klien di lebih dari 120 negara, Accenture memberikan inovasi untuk hidup dan bekerja. Kunjungi situs web kami di www.accenture.com.