6.000 Warga Sekolah Ikuti Kampanye Mudik Aman Program SELAMAT

Jumat 31 Mei 2019
Mudik adalah salah satu budaya tahunan bagi masyarakat Indonesia yang dilakukan oleh sekitar 19,5 juta masyarakat menjelang idhul fitri. Mudik merupakan budaya positif untuk menjaga tali silaturahmi dengan kerabat dan keluarga, tapi sayangnya aktivitas ini mengakibatkan 25 orang meninggal setiap hari ketika melakukan perjalanan dari kota ke desa.
IMG20190523084120.jpg

Save the children bersama New Future Disaster Management Center (NFDMC) melalui program SELAMAT, berinisiatif mengadakan kegiatan “Kampanye Mudik Aman” di 20 sekolah dampingan di Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 6.000 murid, orang tua, guru dan warga sekolah lainnya bertujuan untuk memberikan informasi dan membangun kesadaran tentang budaya mudik yang aman dan taat pada aturan lalu lintas. Kampanye ini diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan di jalan pada saat melakukan perjalanan mudik.
IMG20190516104107.jpg IMG20190516094931.jpg

Kegiatan ini melibatkan fasilitator dari berbagai instansi yang kompeten seperti Dilantas POLDA Metro Jaya, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, dan Palang Merah Indonesia. Kepolisian memberikan materi tentang tips mudik aman melalui “Tiga Siap”, yaitu:
  1. Siap melakukan perjalanan meliputi mengecek kesehatan badan, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan kesiapan dalam melakukan perjalanan
  2. Siap kendaraan, meliputi mengecek kondisi kendaraan, memastikan kendaraan dalam keadaan baik dan siap untuk melakukan perjalanan.
  3. Siap mematuhi aturan lalu lintas, meliputi pengetahuan dan kepahaman tentang rambu-rambu dan aturan lalu lintas selama di perjalanan.
Suku Dinas Perhubungan Jakrta Timur memberikan materi tentang risiko mengendarai kendaraan roda 2 saat melakukan perjalanan jauh dan memberikan arahan masyarakat untuk ikut bergabung dengan mudik gratis yang disiapkan oleh dinas perhubungan untuk menekan risiko kecelakaan di jalan raya.

Palang Merah Indonesia memberikan arahan terkait pengenalan terhadap resiko perjalanan jarak jauh dan praktik melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan seperti seperti ketika menghadapi orang yang pingsan dalam perjalanan.
IMG20190513093904.jpgIMG20190523074712.jpg

Program SELAMAT juga menyiapkan media komunikasi “Mudik Selamat” dalam bentuk flyer dan membagikannya kepada para peserta. Flyer ini berisikan tentang informasi tips mudik aman dengan menggunakan berbagai moda transportasi seperti kendaraan pribadi, bus, kereta, kapal laut, dan pesawat. Diharapkan kegiatan kampanye ini dapat rutin dilakukan setiap tahun sebelum warga sekolah melakukan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.