Berita

Distribusi bantuan untuk korban banjir di Makassar butuh perahu

"Dukungan ini untuk memastikan anak-anak mendapatkan hak-hak dasar mereka dalam situasi pasca bencanadan juga mendorong semua pihak untuk sama-sama mengembalikan keceriaan mereka”

Baca lebih banyak

Waliku

Waliku

Kealpaan dalam kegiatan belajar di sekolah merupakan salah satu penghambat pendidikan anak. Siswa yang kerap absen dari sekolah cenderung akan buruk dalam hal capaian belajar. Faktor kesehatan siswa menjadi isu penting di sini, sebab salah satu alasan dominan dari ketidakhadiran siswa di sekolah adalah karena sakit. Dan di wilayah-wilayah terpencil, persoalan kesehatan pada siswa bisa berakibat fatal jika tidak tertangani.

Baca lebih banyak

Partisipasi Anak dalam Pengurangan Risiko Bencana

Partisipasi Anak dalam Pengurangan Risiko Bencana

Partisipasi anak dalam kegiatan pengurangan risiko bencana baik di sekolah maupun komunitas menunjukan bahwa anak  bukan sekedar “korban” bencana melainkan warga Negara yang mampu, dengan dukungan yang cukup dan sesuai dari orang dewasa, dan dapat benar – benar berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, teman sebaya serta lingkungannya.

Baca lebih banyak

Menjaga Asupan di Situasi Darurat

Menjaga Asupan di Situasi Darurat

Para ibu yang hadir mengaku pertemuan semacam ini adalah pengetahuan yang berharga bagi mereka. “Saya sudah dua kali menyusui anak dan apa yang disampaikan di pertemuan ini belum pernah saya dengar sebelumnya. Di Posyandu pun saya belum pernah diberitahu soal ini,” ujar ibu Parmili sembari menggendong anaknya.
 

Baca lebih banyak

Perlindungan bagi Anak di Lombok

Perlindungan bagi Anak di Lombok

Dalam kondisi bencana biasanya ada sejumlah hak-hak anak yang kerap terabaikan oleh orangtua. Misalkan saja hak untuk tetap mengenyam pendidikan, hak untuk mendapat tempat tinggal yang layak, serta hak atas perlindungan dari kekerasan dan kondisi yang tidak nyaman. Hal ini terjadi karena adanya perubahan yang drastis dalam kehidupan mereka. Rumah, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal yang rusak membuat sistem perlindungan baik dari orangtua maupunlingkungan menjadi kurang berfungsi. Anak-anak berada dalam posisi rawan dan sangat rentan untuk mengalami tindak kekerasan.

Baca lebih banyak

Remaja dan Isu Perkawinan Usia Anak

Remaja dan Isu Perkawinan Usia Anak

Maraknya isu perkawinan usia anak yang terjadi di wilayah ini juga menjadi topik yang dibicarakan dalam rangkaian pertemuan dengan remaja. Pada kelompok remaja ini, tim YSTC sebagai fasilitator memberikan pemahaman tentang hak-hak anak. Harapannya, mereka bisa mengidentifikasi setiap pelanggaran dan permasalahan anak yang terjadi baik pada diri mereka sendiri ataupun pada teman dan lingkungan mereka.

Baca lebih banyak