Pengurangan Risiko Bencana

Anak-anak merupakan kelompok rentan terhadap ancaman bencana. Padahal, bencana merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindari.
Pengurangan risiko bencana merupakan konsep dan praktek mengurangi risiko bencana melalui upaya sistematis untuk menganalisa dan mengurangi faktor-faktor penyebab bencana.
 
Sejak tahun 2019, Save the Children Indonesia bekerja sama dengan Google telah melakukan upaya pengurangan risiko bencana, terutama di daerah Jawa Barat. Upaya-upaya tersebut dilakukan dimulai dari masyarakat desa di Jawa Barat, mengajak Lembaga berbasis keagamaan (LPBI NU), hingga melakukan pendekatan kepada pemerintah baik skala regional maupun nasional.
 
Sebagai organisasi yang berfokus terhadap perlindungan hak anak, kerentanan anak terhadap bencana merupakan hal penting yang menjadi fokus dari program ini. Save the Children Indonesia menemukan bahwa 70% anak tidak mengetahui bagaimana cara menyelamatkan diri dari bencana*.
_______
*Sample diambil dari 3 kabupaten sasaran Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupatenn Tasikmalaya
 

Baca Juga

Aplikasi Bumi Kita

Aplikasi Bumi Kita

Apa itu Aplikasi Bumi Kita? Kenapa penting mendownload?
 

Baca lebih banyak

Interactive Learning

Interactive Learning

Sebagai negara yang berada di tiga lempeng besar, Indonesia berada dalam kondisi geografis yang rentan terhadap bencana

Baca lebih banyak