Anak Dengan Orang Tua Kehilangan Penghasilan

 #PulihBersama Anak dengan Orang Tua yang Kehilangan Pekerjaaan dan Penghasilan

Kampanye Pulih Bersama yang dilakukan oleh Save the Children Indonesia sejak awal Juni 2020 lalu masih terus bergulir. Kali ini, dalam episode ini akan mengangkat resiko kedua yang terjadi pada anak yang orang tuanya kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Pandemi ini bukan hanya merenggut banyak nyawa, tapi juga pekerjaan dan penghasilan sejumlah masyarakat di indonesia secara khusus bagi para orang tua. 

Kehilangan penghasilan ini tentu akan berdampak bagi kualitas kehidupan anak. Adanya ancaman kekerasan pada anak, juga anak yang rentan menjadi pekerja anak untuk dapat membantu mencukupi kebutuhan keluarga. Hal-hal semacam inilah yang menjadi perhatian Save the Children di Indonesia, dalam memastikan anak tetap mendapatkan hak-haknya meski dalam situasi yang kurang baik di masa pandemi melalui kampanye #PulihBersama.

Apa Saja Rangkaian Kampanye Kali ini?

Kampanye ini secara konsep besar masih sama dengan kampanye pada episode sebelumnya '''Anak Kehilangan Orang Tua karena COVID-19''. Kampanye episode  kedua ini dilakukan dalam satu pekan dimulai dari 22 Juni - 26 Juni 2020. Kami melibatkan banyak pihak seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, praktisi, publik, dan juga kaum muda yang merasakan betul dampak dari pandemi ini. Kampanye ini dimulai dari menyampaikan fakta-fakta yang berpotensi mengancam masa depan siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan dalam mengambil peran dalam dunia kerja dikarenakan terbatasnya peluang pekerjaan saat ini. Materi kampanye ini dirangkum dalam bentuk infografis, video suara anak yang diwakili oleh Aziza dan Tifan, Podcast Dongeng Anak Indonesia, Webinar dan juga sesi Talkshow.

 
 Screenshot-(1).jpg
 
​Dalam sesi webinar ini, kaum muda diwakilkan oleh Nur Afni yang juga merupakan salah seorang dampingan kami di Sulawesi Selatan berkesempatan menyampaikan curahan hati, pengalaman, mimpi serta harapannya kepada pemerintah yang diwakilkan oleh Bapak Dr. Iqbal Suhaeb yang merupakan Staff Hhli Gubernur Bidang Ekbang dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain webinar, kampanye ini juga merangkai kegiatan berupa talkshow yang membahas tentang topik yang sama dengan melibarkan publik figur musisisi Erix Soekamti, praktisi lainnya serta kaum muda yang rentan pada konsisi pandemi ini. Suara kaum muda ini menjadi poin penting dalam kampanye ini, tentang bagaimana suara anak dan kaum muda dapat di dengar dan dapat menjadi sesuatu yang dapat dipertimbangkan oleh pemerintah pada tingkat daerah maupun ditingkat pusat dalam pengambilan kebijakan.

Screenshot-(202).jpg

Rangkaian kampanye ini akan terus belanjut hingga September 2020 mendatang. Jadi terus ikuti perkembangan kampanye ini melalui social media kami di instagram, facebook, twitter, dan turut ambil bagian didalamnya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan, jaga jarak dan ikuti protokol kesehatan pemerintah saat beraktivitas diluar rumah dan tetap positif dan bantu sesama untuk #PulihBersama. Bantu kami terus berjuang untuk membantu anak dan keluarga yang terdampak COVID-19 dengan cara berdonasi, klik disini.
____

Ditulis oleh : Dorpaima Lumban Gaol (Communication and Campaign Dept)