GEMPA LOMBOK

ANAK LOMBOK HARUS KEMBALI KE SEKOLAH

kembali sekolah

Saatnya Anak-Anak Lombok Harus Kembali Ke Sekolah!
Gempa Bumi Lombok telah mengakibatkan 960 sekolah rusak. Akibatnya aktivitas belajar dan mengajar terpaksa terhenti hingga saat ini. Selain gedung sekolah yang masih rusak, peralatan mengajar dan bahan bacaan sebagai pendukung kegiatan belajar juga belum memadai karena bencana ini. Sudah saatnya Anak-Anak Lombok harus kembali kesekolah.Karena pendidikan merupakan hal penting dan Hak setiap anak. Mari bantu dan wujudkan mimpi Anak-Anak korban gempa Lombok untuk kembali ke sekolah. Klik Gambar dibawah ini untuk berdonasi.

Donasi Anda




DONASI SEKARANG

KLIK BANK TRANSFER

KLIK PAYPAL


*Update as of 20 September 2018 

Saatnya Anak-Anak Lombok Harus Kembali Ke Sekolah!

Back-to-School-Pict-4.jpeg

Gempa Bumi Lombok telah mengakibatkan 960 sekolah rusak. Akibatnya aktivitas belajar dan mengajar terpaksa terhenti hingga saat ini.
Selain gedung sekolah yang masih rusak, peralatan mengajar dan bahan bacaan sebagai pendukung kegiatan belajar juga belum memadai karena bencana ini.

Back-to-School-Pict.jpeg

Untuk itu, Yayasan Sayangi Tunas Cilik Mitra Save the Children memfokuskan Anak-Anak Lombok untuk kembali ke sekolah dan berencana mendistribusikan 8.100 Back to School Kit, mendirikan 18 Tenda Sekolah, menyediakan 440 alat mengajar, 50 bahan bacaan.

Back-to-School-Pict-5.jpeg


Sudah saatnya Anak-Anak Lombok harus kembali kesekolah.Karena pendidikan merupakan hal penting dan Hak setiap anak.
Mari bantu dan wujudkan mimpi Anak-Anak korban gempa Lombok untuk kembali ke sekolah. Klik Icon donasi untuk berdonasi.

Back-to-School-Pict-3.jpeg

KLIK BANK TRANSFER

*Update as of 12 September 2018 

Jumlah Distribusi Bantuan Ditingkatkan dan Jangkauan Anak Diperluas
#UPDATELOMBOK

Hingga saat ini, tercatat 560 orang meninggal dunia, 1.469 orang terluka, 390.032 pengungsi. Anak-anak terhenti sementara kegiatan sekolahnya karena sejumlah bangunan sekolah rusak akibat gempa. Kesehatan anak pengungsi pun terancam terkena berbagai risiko penyakit karena kurangnya air bersih dan sanitasi yang baik. 

sitrep-6.jpeg

Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children telah menjangkau 2.114 orang anak di berbagai lokasi pengungsian. Berbagai upaya telah YSTC lakukan seperti mendistribusikan sebanyak 2.845 Hygiene Kit, 2.571 Terpal dan Selimut, 1.057 Kelambu, 16 Tenda, 8 Tenda Sekolah. 
Distribusi bantuan YSTC lakukan di 11 desa di wilayah Lombok. Masih banyak anak-anak yang belum terjangkau, sehingga YSTC menargetkan untuk menjangkau anak-anak hingga 2.880 orang dalam 6 bulan ke depan.  
Upaya lanjutan dalam distribusi bantuan yang akan YSTC lakukan adalah sebagai berikut :
  • Memperluas jangkauan dan fasilitas pendidikan seperti Back to School Kit 
  • Distribusi bantuan alat belajar dan alat bermain anak
  • Meneruskan dan menambah jumlah distribusi bantuan kesehatan Hygiene Kit
  • Menyalurkan bantuan bahan makanan untuk bayi 0-2 tahun

YSTC akan terus memberikan upaya terbaik untuk memberi perlindungan kepada anak, kesehatan maupun pendidikan. Anak-anak Lombok harus pulih dari kondisi yang sulit ini. Mari rangkul anak-anak Lombok dan sampaikan dukungan donasi Sahabat.

KLIK BANK TRANSFER


*Update as of 29 Agustus 2018 

Anak-anak di pengungsian terserang Penyakit ISPA dan Diare

Kurangnya ketersediaan air bersih dan sanitasi di lokasi pengungsian menyebabkan anak-anak korban gempa mulai terjangkit ISPA dan Diare.
Tim Emergency Response Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children memperluas jangkauan distribusi bantuan kepada pengunggsi  korban gempa Lombok. Hingga 24 Agustus 2018, kami telah menambah jumlah bantuan  ke posko pengungsian. Bantuan tersebut antara lain sebagai berikut :
 
Item Jumlah Lokasi
Hygiene Kit 1.643 Mumbulsari, Loloan, Karang Bajo, Gengenggeleng, Bentek, Sambielen, Akar-akar, Sukadana, Anyar, Santong, Salut 1, Salut 2, Selengen
Tenda 12 Sambielen, Bayan Timur, Bayan Barat, Mumbulsari, Loloan, Karang Bajo, Santong, Sesait, Salut 1, Dangiang
Terpal dan Selimut 1.913 Bentek, Akar-akar, Sukadana, Anyar, Gereneng, Santong, Selengen
Kelambu 824 Santong, Selengen
Total 4392 19 Desa
 
Sitrep-5-Pict.JPG












Kami akan terus menjangkau anak-anak korban gempa bumi yang berada di berbagai lokasi pengungsian di Lombok. Bantuan Sahabat akan membuat anak-anak bisa tetap terjaga kesehatannya di masa darurat yang belum berakhir.   
Jun-log.jpg

Kondisi di pengungsian sangat memprihatinkan. Panasnya tenda di siang hari dan dinginnya di malam hari harus mereka rasakan selama situasi darurat ini. Ditambah lagi perasaan ketakutan setiap kali gempa terjadi. Sampaikan bantuan terbaik Sahabat untuk anak-anak korban gempa Lombok agar dapat melalui situasi ini.


KLIK BANK TRANSFER


*Update as of 20 Agustus 2018

Dari hasil peninjauan tim emergency response kami di lapangan, para pengungsi membutuhkan bantuan yang penting seperti :
• Makanan
• Tenda
• Kain Terpal
• Dapur Umum
• Air Bersih
• Toilet Sementara
• Hygiene Kits
• Psikososial untuk anak

Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save the Children telah menjangkau Korban gemba bumi secara khusus korban anak-anak dengan mendistribusikan bantuan sebagai berikut :
  • 1.583 Hygiene Kits (pcs) di Mumbulsari, Loloan, Karang Bajo Bayan dan Santong, Kayangan
  • 1.549 Kain Terpal dan Selimut  (pcs) di Bentek Bayan, Santong Kayangan, Gangga, Genggelang
  • 402 Kelambu (pcs) di Santong Kayangan
  • 9 Tenda (Set) di Sambielen Bayan Timur, Bayan Barat Mumbulsari Loloan Karang Bajo
  • 9 Ruang Ramah Anak di Kabupaten Bayan dan  Kayangan

Mengingat masih banyaknya pengungsi di lokasi yang terpencil, Tim Yayasan Sayangi Tunas Cilik fokus untuk menjangkau anak-anak tersebut sekaligus menambah jumlah distribusi bantuan ke lokasi pengungsian. 

Mari dukung dan ringankan beban anak-anak korban gempa Lombok hingga mereka dapat tersenyum kembali. Untuk menjadi bagian dari Gerakan Berpihak Pada Anak Gempa Lombok, silakan klik tombol donasi.

KLIK BANK TRANSFER

*Update as of 10 Agustus 2018

Bencana gempa yang telah mengguncang Lombok telah mengakibatkan 270,168 orang mengungsi, 321 orang meninggal, luka parah 1,033 orang dan 67,857 bangunan rusak parah. Hancurnya rumah dan sekolah membuat banyak anak-anak yang terancam trauma dan merasa ketakutan setiap kali mendengan suara seperti gempa.
 
Fokus kami adalah untuk menjangkau anak-anak korban gempa untuk memberikan bantuan baik fisik maupun psikis. Tim Emergency Respone kami sudah mendirikan 3 Ruang Ramah Anak dan mendistribusikan bantuan kepada  300 keluarga di Desa Santong, Kayangan. Adapun bantuan yang telah kami distribusikan adalah sebagai berikut :
·         1000 Back to School Kits (pcs)
·         1990 Hygiene Kit (pcs)
·         1996 Terpal (pcs)
·         2300 Kelambu  (pcs)
·         28 Tenda (Set)
Masih banyak anak di sana yang belum terjangkau dan membutuhkan bantuan. Kebaikan Anda akan meringankan beban yang di derita korban gempa Lombok khusunya anak-anak.

*Update as of 6 Agustus 2018

Gempa 7SR, banyak anak-anak tertimpa reruntuhan


Gempa berkekuatan besar kembali mengguncang Lombok (5/8). Kali ini, gempa berkekuatan 7 skala richter tersebut sempat dikabarkan berpotensi tsunami sehingga menyebabkan kepanikan warga lalu mengungungsi ke tempat-tempat yang aman. Ada sekitar 91 orang tewas dan 209 mengalami luka-luka dikarenakan gempa tersebut. 

Banyak bangunan dan tempat-tempat umum yang runtuh diakibatkan gempa tersebut sehingga anak-anak banyak yang menjadi korban karena tertimpa reruntuhan bangunan. Kami berusaha menjangkau anak-anak yang menjadi korban bencana sejak gempa pertama terjadi (29/7). 

Tim emergency response kami fokus bekerja untuk;
• Memastikan anak-anak memiliki dukungan psikososial
• Memastikan semua anak korban bencana memiliki akses untuk pendidikan dan mendukung sekolah darurat agar pendidikan anak tidak terhenti
• Memastikan anak-anak memiliki hygiene kit agar kebersihan mereka tetap terjaga
Selain itu kami juga akan mendirikan tiga Ruang Ramah Anak dan tiga posko pengungsian untuk membantu anak-anak dan keluarga yang terancam trauma akibat dari gempa bumi. Kami sedang membangun posko tersebut di wilayah Sambil Elen, Batu Gerantung dan Karang Bajo. 

Saat ini sangat banyak korban yang membutuhkan uluran tangan Anda khususnya anak-anak yang rentan menjadi korban dari bencana ini. Uluran tangan Anda akan sangat berarti untuk mengjangkau anak-anak terdampak bencana. 

*Previous update

EMERGENCY RESPONSE : GEMPA LOMBOK 6,4 SR, YSTC JANGKAU ANAK-ANAK KORBAN BENCANA 

Gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter telah mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat kemarin (29/7/2018). Hingga saat ini telah terjadi 280 kali gempa susulan. Bencana ini menewaskan 16 orang meninggal dunia dan lebih dari 50 orang luka-luka.

Kejadian ini telah menyebabkan banyak bangunan sekolah retak. Ratusan anak mengalami trauma dan tidak dapat bersekolah. Dalam 24 jam, kami turun langsung dan terus berusaha menjangkau anak-anak korban gempa di Lombok. 

Mohon dukungan Anda untuk membantu Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) mitra dari Save the Children menjangkau anak-anak dalam situasi darurat gempa Lombok.

Total donasi sejauh ini:

Rp14.798.000

*Total donasi diatas akan kami konfirmasi kepada pihak bank terkait, sehingga donasi anda dapat tervalidasi dalam sistem kami.

DONASI SEKARANG

KLIK BANK TRANSFER

KLIK PAYPAL

 

EQLombok_Distribution_SantongVillage_982018_1.jpeg

EQLombok_CFS_SantongVillage_982018_1.jpeg





Gempa-4.jpg

Gempa-3.jpg
 
lombok-3-(2).JPG
*Foto kerusakan di PAUD IT Babul Mujahidin (salah satu PAUD dampingan YSTC) pada ruang guru dan ruang kelas, Desa Bayan

lombok-4.JPG
*Foto kerusakan di Yayasan Sekolah IT Babul Mujahidin (PAUD nya merupakan salah satu PAUD dampingan YSTC), Desa Bayan​

lombok-er2-11.jpg

lombok-er2-12.jpg

lombok-5.JPG
*Rumah rusak berat akibat gempa di Desa Senaru